Sering Menjumpai Gratis Ongkir? Inilah Pengertian, Tujuan, dan Ciri-cirinya

Sering Menjumpai Gratis Ongkir? Inilah Pengertian, Tujuan, dan Ciri-cirinya – Hayo ngaku nih siapa disini yang suka belanja online? Apalagi semenjak pandemi kita diharuskan oleh pemerintah untuk berdiam diri di rumah, namun kebutuhan harus tetap dicukupi.

Pilihannya ya hanya berbelanja secara online kan? Lalu pernahkan mendengar istilah free shipping, free ongkir, atau gratis ongkir? Nah apa sih gratis ongkir itu? Mari kita ulik lebih dalam:

  • Pengertian

Gratis ongkir ialah ketika sebuah toko meng-gratiskan atau menghapuskan biaya pengiriaman atau ongkos kirim dari sebuah pembelian, biasanya dalam bentuk voucher atau potongan langsung yang bisa digunakan pembeli agar tidak membayar ongkirnya.

  • Tujuan

Untuk apa diadakan gratis ongkir ini? tentunya untuk menarik minat pembeli, kok bisa menarik minat calon pembeli? Pasti donk kalau kita beli tanpa membayar biaya kirim, maka jumlah tagihan yang harus dibayarkan akan lebih murah. Apalagi kalau barang yang dibeli memiliki berat lebih dari 1kg, sedangkan jasa pengiriman biasanya menghitung ongkir dari berat dan dimensi barang yang akan dikirim.

Read More :  Sakit Karena Dikhianati Sebenarnya Cara Allah Mengajarimu Agar Kau Tak Berbuat Demikian

Kan ga lucu kalau ongkir jauh lebih mahal ketimbang barangnya, otomatis calon pembeli memiliki kecenderungan membatalkan transaksi dan mencari toko dengan ongkir lebih murah. Hal ini merugikan pedagang tentunya, sehingga dengan ada program gratis ongkir bisa menghindarkan kejadian ini.

  • Ciri-Ciri

Ada beberapa ciri-ciri dari promo gratis ongkir yang biasa diberikan oleh beberapa platform belanja online, dan rata-rata memiliki ciri-ciri yang sama agar semua pihak diuntungkan. Berikut ciri-ciri dari gratis ongkir saat payday:

  • Masa Berlaku Program Tidak Permanen

Program gratis ongkir yang diluncurkan beberapa platform belanja online pada umumnya memiliki jatuh tempo yang sudah ditentukan, voucher akan hangus pada tanggal tertentu jika tidak digunakan oleh calon pembeli. Dan jumlah voucherpun juga ada batasnya, biasanya sudah ditentukan setiap calon pembeli hanya bisa checkout pesanan dengan voucher gratis ongkir sebanyak sekian kali.

Jadi jika calon pembeli melakukan checkout melebihi dari jumlah yang ditentukan, maka tidak akan dapat menggunakan vouchernya lagi karena sudah habis. Calon pembeli bisa menunggu program gratis ongkir selanjutnya, yang biasanya akan diadakan rutin setiap bulannya.

  • Program Memiliki Ketentuan Khusus

Voucher gratis ongkir tidak semena-mena bisa kita gunakan semau kita, selain jangka waktu dan jumlah voucher ditentukan batasannya. Kita juga biasanya diberikan batas minimal pembelian agar dapat melakukan checkout pesanan dengan voucher gratis ongkir ini, semisal minimal pembelian tiga puluh ribu baru bisa mendapat potongan ongkir sebesar sepuluh ribu dan minimal pembelian seratus ribu rupiah untuk mendapat potongan ongkir sebesar lima puluh ribu rupiah.

Read More :  Jangan Takut Memilih, Sekali Baik Maka Akan Baik Sesudahnya, Meski Gagal Tetap Ada Hikmahnya

Jadi jika ongkir yang harusnya kamu bayarkan sebesar dua puluh ribu dan belanjamu hanya tiga puluh ribu, kamu cukup membayar ongkir sebesar sepuluh ribu saja karena kamu mendapat potongan ongkir sebesar sepuluh ribu rupiah. Ada juga yang menentukan hanya barang-barang tertentu saja yang bisa menggunakan voucher gratis ongkir, ada juga ketentuan tentang toko-toko mana yang dapat anda belanjakan dengan voucher tersebut.

  • Program Diadakan untuk Merayakan Acara Tertentu

Program special potongan gratis ongkir ini biasanya diadakan ketika event-event tertentu, contoh diadakan untuk merayakan hari kemerdekaan selama bulan Agustus semua pembeli mendapat voucher gratis ongkir untuk lima kali checkout. Ada juga platform yang mengadakan event bulanan, sehingga setiap bulan ada hujan voucher yang bisa digunakan 1 bulan.

Add Comment